Info Promo, Cash dan Kredit Daihatsu Hubungi : 081908138925 / FAX : 081908138925 rini.rismawati@dso.astra.co.id WORKS : SEN 08.00-17.00 Daihatsu Jakarta :

Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri daihatsu purwakarta

Kabin yang tenang adalah salah satu kebutuhan utama pemilik mobil untuk dapat mendengar audio berkualitas tinggi. Sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya untuk mobil yang harganya melebihi rupiah. 300 juta orang memiliki model kabin seperti itu. Oleh karena itu, mengetahui cara membuat peredam sendiri bisa menjadi pilihan bagi sobat yang menginginkan kabin yang tenang tanpa harus membeli mobil baru.

Kebisingan mobil itu sendiri bisa datang dari berbagai tempat. Oleh karena itu, jika Anda memasang peredam sendiri, pastikan berada di sumber kebisingan.

Cara membuat peredam mobil sendiri

Untuk membuat peredam mobil sendiri, pertama-tama Anda harus mengetahui lokasi atau bagian mobil tempat Anda ingin memasang peredam. Karena letaknya yang berbeda maka jenis peredam yang digunakan juga berbeda.

Jika Anda sudah mengetahui letak suku cadang mobil yang akan dipasang, berikut beberapa langkah dan cara membuat peredam mobil sendiri.

Pilih bahan basah yang akan membasahi mobil Anda, seperti keset, busa, semprotan, dan insulasi. Disarankan untuk menggunakan produk ini dalam kombinasi untuk redaman maksimum. Bahan peredam ini menyerap gelombang suara, menghilangkan resonansi dan mengurangi getaran.
Gunakan alas peredam untuk menambah berat panel. Ini membantu panel bergetar dan menghasilkan suara yang tidak diinginkan.
Tempatkan alas peredam di antara dua panel pintu berdekatan satu sama lain untuk membantu mengurangi getaran ruang di antara kedua panel pintu
Tempatkan alas peredam di ruang mesin untuk mengurangi suara berderak. Keset berisi dasar foil logam untuk meningkatkan ketahanan panas tikar dan membawanya lebih dekat ke panas mesin. Oleskan menggunakan lem kontak yang ditemukan di toko mobil lokal Anda.
Isi ruang kecil dengan semprotan atau semprotan busa. Bahan peredam ini mengembang saat menyembuhkan dan mendorong panel di dekatnya untuk membuat sambungan mematikan yang menyerap dan menyebarkan energi getaran. Semprotan dan busa dapat digunakan di sekitar pintu dan kompartemen mesin, tetapi pastikan untuk memeriksa label semprotan atau busa tertentu.
Ukur luas panel pintu dan karpet di sepanjang lantai tempat bahan peredam yang dipilih diterapkan.
Jenis peredam suara mobil

Membuat peredam mobil sendiri sebenarnya sangat mudah untuk dipraktikkan. Namun, Anda juga perlu mengetahui jenis peredam yang cocok untuk digunakan. Peredam mobil sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu jelly, aspal, dan busa.

1. Aspal

Peredam aspal lebih keras daripada jeli. Oleh karena itu, Anda membutuhkan pemanas dan lem untuk memasangnya. Peredam suara mobil memiliki beberapa keunggulan karena dapat meredam kebisingan dengan lebih baik. Sangat disayangkan bahan peredam ini berat. Untuk memasang peredam suara aspal di pintu, Anda perlu menggunakan dua lapis peredam aspal, yang beratnya sekitar 2,4 kg.

Karena itu, peredam bising aspal bisa membuat mobil lebih berat dari sebelumnya.

2. jeli

Jenis peredam mobil lain yang banyak diminati adalah peredam jenis jelly. Pereduksi jenis jelly sangat diminati karena bobotnya yang ringan. Untuk memenuhi kebutuhan peredam suara pintu mobil, Anda hanya perlu menggunakan peredam jenis jelly yang memiliki berat sekitar 1,4 kg.

Peredam jenis jelly lebih mudah karena proses pemasangannya tidak membutuhkan lem. Peredam seperti jelly ini dilapisi dengan aluminium foil yang berfungsi untuk meredam panas.

3. Bentuk atau bentuk

Peredam isolator berbentuk seperti busa atau busa. Peredam ini membantu memblokir suara dari sumber kebisingan. Peredam suara ini sangat cocok untuk meredam suara di dalam kabin, namun tidak bisa digunakan untuk meredam panas dari mesin.

Proses pemasangan peredam mobil

Setelah menentukan jenis peredam yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah memasang peredam. Hal pertama yang harus dilakukan saat memasang peredam adalah menghilangkan semua benda yang ada di jok, karpet, konsol, dan bagian bawah mobil. Namun, jika Anda menginstalnya di bagian firewall, Anda tidak perlu menghapus dasbor.

Lepaskan suku cadang mobil dengan hati-hati untuk mencegah sebagian kabel terpotong. Juga, ingat lokasi kabel yang harus berada di sisi trim.

Setelah melepas parts, bersihkan permukaan mobil yang menempel pada silencer terutama dari kotoran berupa gumpalan oli. Setelah selesai, kelupas lapisan kertas pada peredam jeli dan tempelkan dengan kuat ke permukaan yang ingin dilapisi.

Saat menempelkan ke pintu, tempelkan peredam jeli di lubang, bukan di dinding. Di sisi lain, jika peredam dipasang di firewall, pemasangan akan dimulai dari bagian bawah dasbor.

Jika semua peredam terpasang, pasang kembali suku cadang mobil yang dilepas seperti konsol, jok mobil, dan karpet. Ingatlah untuk memasang kembali baut dan sekrup seperti sebelumnya. Bersihkan kabel dan rapikan kembali sesuai dengan posisi semula.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar pemasangan peredam mobil lebih efektif

Kebisingan di dalam mobil umumnya disebabkan oleh mesin diesel mobil dan merambah ke dalam mobil. Oleh karena itu, pemasangan peredam suara mobil ditujukan untuk meredam kebisingan agar tidak masuk ke dalam kabin. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dalam rangka memasang peredam suara untuk mengurangi kebisingan mobil:

Ketahui penyebab kebisingan. Mengetahui sumber kebisingan dapat membantu Anda “memperbaiki” mobil Anda lebih optimal.
Jika mesin mobil Anda memiliki penggerak belakang yang menjorok, Anda harus memasang peredam mobil di sepanjang jalur sambungan lateral dari gearbox mesin ke gandar belakang. Pemasangan ini dimaksudkan untuk mengurangi kebisingan yang ditimbulkan oleh putaran kopling.
Silakan instal di tempat yang benar. Anda juga bisa menambahkan lapisan anti bocor yang biasa digunakan pada dinding dan ubin untuk membantu dalam proses pemasangan peredam mobil.
Perhatikan kualitas bahan yang digunakan. Peredam yang baik adalah peredam densitas tinggi yang tidak mudah rusak atau bocor saat dipasang di mobil.

Memasang peredam mobil bisa menjadi pilihan yang berguna, apalagi jika mobil yang Anda miliki mengeluarkan suara yang keras. Cara membuat peredam suara mobil sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat bagi sobat yang menginginkan suara mobil senyap. Oleh karena itu, perhatikan jenis peredam dan kualitas bahan yang digunakan, serta ingat untuk memastikan hasil yang lebih memuaskan.

0 Komentar

Stay Connected